Perbedaan Kawasaki KLX 150 dengan D-Tracker 150

Kawasaki KLX 150

Kawasaki KLX 150

Mungkin sudah basi untuk membahas kedua produk kawasaki yang ini, berdua adalah saudara kembar tetapi beda peruntukan. Yang satu adalah Kawasaki KLX 150 dan yang satu lagi adalah Kawasaki D-Tracker 150.  Secara penampakan sudah terlihat mempunyai penampilan yang sama, tetapi masing-masing mempunyai “dunia” yang berbeda, bisa dilihat dari namanya , nama KLX diambil dari series motor trailnya kawasaki di dunia yang peruntukkannya di dunia tanah atau off road, kemudian D-Tracker merupakan nama dari seriesnya motor jenis supermoto kawasaki di dunia, secara gamblang supermoto merupakan motor yang bisa untuk dua dunia yaitu offroad dan onroad. Nah dimana sajakah perbedaannya? Akan sedikit dibahas disini..

Untuk mesin keduanya memakai mesin yang sama yaitu satu silinder 4-tak SOHC berkubikasi 144 cc yang sama-sama menghasilkan tenaga 11,5 dk dan torsi maksimum 12Nm. Yang keduanya masih menggunakan karburator keihin NCV24. Kemudian untuk rangka juga memakai rangka yang sama. Perbedaanya terdapat  pada kaki-kaki dan final gear.

Kawasaki D-Tracker 150

Kawasaki D-Tracker 150

Pada kaki-kaki terdapat perbedaan ukuran roda dan pelek, pada kawasaki KLX 150 menggunakan pelek dengan ukuran 19 inchi dan ban dengan ukuran 70/100 untuk roda depan, sedangkan untuk roda belakang menggunakan pelek dengan ukuran 16 inchi dan ban dengan ukuran 90/100. Pada kawasaki D-Tracker 150 Pelek depan belakang menggunakan ukuran 14 inchi, tetapi perbedaannya terdapat pada ukuran bannya, untuk depan menggunakan ukuran 100/80 sedangkan untuk belakang menggunakan ukuran 120/80.

Untuk final gear atau gir depan dan belakang, keduanya berbeda, hal ini dikarenakan peruntukkannya juga berbeda. Untuk KLX 150 menggunakan perbandingan gir  44/14 sedangkan untuk D-Tracker 150 menggunakan perbandingan gir 41/14. Perbandingan ini juga yang menyebabkan perbedaan karakter pada masing-masing motor, untuk KLX 150 karakternya bertenaga pada putaran bawah dan tengah dan nafas mesin singkat, sedangkan untuk D-tracker 150 karakternya bertenaga pada putaran tengah dan atas dan nafas mesin panjang. pengaruh lainnya adalah pada top speed dari perbandingan gir diatas dapat dilihat bahwa top speed D-tracker lebih tinggi daripada KLX. Sesuai dengan peruntukkannya bukan..?

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Perbedaan Kawasaki KLX 150 dengan D-Tracker 150

  1. Duuuh, naksir niiih sama D-Tracker. Macho euy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>