Serba-serbi Jaket Motor

jaket motor komine

jaket motor komine

Jaket merupakan salah satu apparel yang wajib bagi bikers. Karena fungsinya yang sangat penting, antara lain adalah sebagai pelindung sinar matahari, pelindung bila terjadi kecelakaan dan juga pelindung untuk menjaga suhu tubuh apalagi bila berkendara pada malam hari. Diantara semua itu yang paling penting bagi sebuah jaket motor adalah safety yaitu perlindungan bila terjadi kecelakaan. Tetapi saat ini jaket motor sudah mulai mempertimbangkan unsur fashion, dimana jaket dituntut untuk tetap safe, nyaman dan fashionable. Nah mungkin tulisan berikut bisa memberikan sedikit gambaran hal-hal apa saja yang harus diperhatikan bila membeli sebuah jaket motor.

Secara umum jaket motor dibagi dua yaitu jaket untuk keperluan harian atau untuk keperluan turing (jarak jauh).  Untuk keperluan harian biasanya bahannya memakai bahan yang adem dengan pengaplikasan elbow, shoulder dan backbones protector. Dan mempunyai ventilasi dan pori-pori yang lebih banyak sehingga lebih nyaman dipakai harian. Ciri lainnya dari jaket harian ini adalah ukurannya biasanya lebih kecil daripada jaket turing, kemudian bobot jaketnya lebih ringan daripada jaket turing.  Untuk jaket turing menggunakan bahan yang lebih tebal dan tetap dilengkapi dengan elbow,shoulder dan backbones protector. Kebalikan dari jaket harian maka jaket turing ini lebih besar ukurannya dari jaket harian kemudian bobotnya lebih ringan.

Secara spesifik bahan untuk jaket harian biasanya menggunakan bahan sintetis seperti mesh dan polyester. Untuk bahan mesh biasanya dipakai oleh jaket import dengan keunggulan lebih dingin dan mampu menyerap keringat dikarenakan pori-porinya yang besar. Polyester lebih populer digunakan pada jaket lokal dikarenakan harganya lebih murah daripada mesh tetapi memiliki kelemahan yaitu lebih panas dan tidak mampu menyerap keringat. Saat ini juga ada jaket yang menggunakan kombinasi kedua bahan tersebut, biasanya menggunakan bahan polyester di bagian luar dan mesh pada bagian dalam.

Hal yang perlu diperhatikan adalah masalah ukuran, dimana usahakan jaket tidak terlalu besar sehingga agak ribet kalo dipakai kemudian juga tidak terlalu kecil karena dapat mengakibatkan badan susah bergerak. Intinya pilih jaket yang pas dibadan, tidak terlalu longgar dan tidak menghambat pergerakan tubuh. Sebaiknya sebelum membeli jaket di coba dan di dirasakan kenyamanannya.

Untuk desain, sebenarnya bebas tetapi ada syarat yang harus dipenuhi antara lain ada bagian-bagian yang ‘keliatan” oleh pengendara lain. Biasanya ditandai dengan warna yang terang atau bahan yang dapat memendarkan cahaya pada malam hari. Syarat lainnya adalah adanya protector seperti yang sudah disebutkan diatas, tetapi yanng perlu dicermati adalah bahan protector tersebut. Sebaiknya menggunakan bahan yang kuat dan tidak mudah pecah, biasanya terbuat dari bahan polyurethane dikombinasikan dengan karet dan busa. Dan yang terakhir pilihlah jaket yang mempunyai stopper pada reslitingnya sehingga dikunci dan tidak melorot sendiri.