Serba-serbi Pelek Mobil (part 2)

PCD (Pitch Circle Diameter) Pelek Mobil

PCD (Pitch Circle Diameter) Pelek Mobil

Perkembangan terbaru adalah ada pelek yang mempunyai multi PCD , yaitu mempunyai dobel PCD atau 2 ukuran PCD sehingga bisa dipakai beberapa mobil yang beda ukuran PCDnya. Contoh PCD 114 dan 120. Biasanya juga mempunyai lubang baut yang banyak , misal untuk mobil yang jumlah bautnya 5 maka multi PCD mempunyai 10 jumlah baut yang berbeda PCDnya. Saat ini sudah ada juga pelek yang  multi PCD tetapi tidak mempunyai lubang PCD yang banyak yang biasa disebut uni-lug, jadi bisa memakai PCD yang berlainan tetapi jumlah baut tetap sedikit. Cirinya adalah lubangnya berbentuk oval.

Yang ketiga adalah konstruksi, dalam hal ini adalah rancang bangun dari pelek itu sendiri. Biasanya terbagi dari 3 macam, yaitu pelek one pieces, two pieces dan three pieces. Yang membedakannya adalah bagian dari pelek itu sendiri. Yang one pieces adalah pelek yang hanya satu bagian tidak bisa dibongkar dan diganti-ganti bagian peleknya, pelek one pieces ini yang biasanya digunakan. Kemudian pelek two pieces yaitu pelek yang bisa dipisahkan menjadi dua bagian, dan bagian-bagian tersebut bisa diganti-ganti. Biasanya yang bisa dipisahkan adalah tapak pelek dan center ring (tempat pcd). Yang three pieces sama seperti two pieces, tetapi bedanya bisa dipisahkan pada 3 bagian, dan semua bagian bisa diganti sesuai keinginan. Baik two dan three pieces bisa diganti tapak, offset ataupun desain palangnya. Cirinya adalah terdapat deretan baut di sepanjang center ring.

Yang keempat adalah offset, yaitu penamaan untuk ukuran jarak center ring(pelek bagian luar) ke pelek bagian dalam. Cara mengukurnya adalah dengan penggaris yang mengukur bagian dalam sampaI luar pelek.  Bila angka tersebut semakin besar maka pelek akan lebih cenderung masuk kedalam sepakbor(mendelep), tetapi bila angka semakin kecil maka pelek akan lebih keluar dan nongol. Sebaiknya berhati-hati untuk ukuran offset salah-salah pelek bisa bersentuhan dengan sepakbor(nggasruk).

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>