Alternatif Part Varian Pulsar 180, Pulsar 200 dan Pulsar 220F

bajaj Pulsar 200 DTS-i

bajaj Pulsar 200 DTS-i

Motor india yang satu ini lumayan mendapat perhatian dari pecinta motor sport di indonesia, karena strategi marketing bajaj yang mengedepankan penjualan Motor dengan genre Sport . Dengan Kata lain Bajaj Tidak menjual motor bebek dan matik, hanya menjual varian motor cowok. Strategi ini lumayan berhasil, produk bajaj lumayan dapat diterima oleh masyarakat. Harga murah dan desain yang macho menjadi andalan pabrikan bajaj ini. Tetapi bila dibandingkan dengan motor jepang yang distributor spare partnya sudah lumayan menyebar luas, distribusi spare part motor bajaj ini bisa dibilang kurang menyebar. Hal ini lumrah bila dilihat bahwa bajaj merupakan pabrikan yang baru di indonesia. Untuk itu mungkin artikel dibawah ini akan sedikit membantu pemilik motor bajaj untuk dapat mencari part alternatif bila ada part yang bermasalah.

Untuk kampas rem depan bisa menggunakan kampas rem honda vario dan ini berlaku untuk semua varian bajaj pulsar dari bajaj 180 sampai dengan 220F, tetapi part ini tidak bisa langsung plek melainkan harus disesuaikan sedikit. Untuk rem belakang yang masih teromol bisa menggunakan kampas rem kepunyaan Suzuki Thunder 125 atau RGR. Sedangkan untuk Pulsar 220 F yang sudah menggunakan rem cakram bisa menggunakan kepunyaan kampas rem depan honda beat tetapi dengan sedikit perubahan. Kemudian untuk kampas kopling pulsar 180 UG3 dan pulsar 200 bisa menggunakan kampas kopling Kawasaki Ninja 150R, kemudian untuk bajaj pulsa 180 UG4 dan 220F bisa menggunakan kampas kopling Yamaha RX-Z.

untuk kabel koping ternyata bisa menggunakan kabel kopling GL pro atau vespa (hanya bagian dalamnya saja yang dipakai. Kemudian untuk seal master rem khusus untuk Pulsar 180 UG3 bisa memakai seal master kepunyaan yamaha Force-1.

Bila shock depan sudah bocor dan oli keluar  khusus untuk pulsar 180 UG3 dan Pulsar 200 bisa menggantinya dengan kepunyaan honda Tiger atau GL pro Neo tech yang diameter shocknya sama yaitu 31 mm. untuk sektor karburator  varian pulsar 180 dan 200 yang sudah memakai karbu tipe vakum yang mengandalkan membran atau karet untuk kevakuman, bila bermasalah bisa menggantinya dengan karet kepunyaan thunder 250. Yang terakhir adalah rantai keteng dimana untuk pulsar 180 dan 200 bila rantai keteng sudah berisik maka bisa menggantinya dengan kepunyaan Honda GL 100.

Be Sociable, Share!

72 thoughts on “Alternatif Part Varian Pulsar 180, Pulsar 200 dan Pulsar 220F

  1. klo untuk keteng fulsar 180 bisa pakai apa ya?

  2. Mas, dah pernah nemu substitusi buat engkol Pulsar 180 UG3 ?

    Mohon di-share infonya Mas, :D

  3. Gan mau tnya untuk shock depan pulsar 180 bsa di ganti pake shock milik tiger dan neo tech, tp klo hanya tabung shock ajh bisa gan,,,? Trus mnta recomendasi oli shock depan ap yg bagus untuk pulsar 180 dan batas maximal brpa mm klo berboncengan gann…?? Thanx