DIY(Do It Yourself) Servis Ringan Motor (part 1)

panduan servis motor

servis motor

Bagi para biker tentu mengunjungi bengkel untuk servis ringan telah menjadi rutinitas yang harus dijalani. Barangkali juga ada yang sudah hapal tahapan atau apa saja yang harus dikerjakan oleh mekanik. Biasanya rutinitas ini dilakukan per 2.500-3.000 km sekali atau minimal satu bulan sekali, sebagai untuk yamaha vixion sesuai dengan buku panduan dianjurkan untuk melakukan servis dengan kelipatan 3.000. sebenarnya untuk servis ringan sudah terdapat tahapan-tahapan dalam melakukan pekerjaannya, apa saja yang perlu dikerjakan dan apa saja yang perlu disetting. Nah sebenarnya kita bisa melakukan sendiri servis ringan ini dirumah, meskipun dengan alat yang minim insyallah hasilnya tetap maksimal. Nah point-point yang harus dicermati antara lain:

Biasanya mekanik membuka busi terlebih dahulu, maka dari itu kita harus membuka busi dan melihat keadaan busi tersebut. Kalo kotor atau terdapat kerak yang menempel di kepala busi maka hal ini bisa menggangu kinerja busi karena akan membuat pembakaran tidak maksimal dikarenakan ledakan api busi kecil karena terdapat kerak. Oleh karena itu maka kepala busi harus dibersihkan dengan cara ampelas halus atau sikat kawat( lihat artikel cara membersihkan busi—> http://bahasotomotif.com/2013/04/seputar-perawatan-busi-motor/).

Kemudian pindah ke bagian belakang, yaitu rantai motor, biasanya seiring dengan jarak tempuh rantai menjadi kotor,kendor dan berbunyi .Rantai menjadi seret sehingga timbul suara srek..srek. Untuk mengembalikan kondisinya maka rantai harus distel terlebih dahulu yaitu dengan mengendorkan baut setelan rantai dan ban. Kemudian stel jarak kerengganngannya sesuai standar motor pabrikan yaitu 2,5-3 cm. setelah selesai menyetel rantai maka jangan lupa untuk memberikan pelumas pada tiap sambungan rantai, pelumasnya bisa oli yang baru atau dengan menggunakan chain lube.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>