DIY(DO IT YOURSELF) SERVIS RINGAN MOTOR (PART 2)

servis karburator motor

servis karburator motor

Lanjut lagi ke bagian mesin, biasanya mekanik membuka head atau kepala mesin untuk menyetel klep ex dan in. tetapi karena hal ini lebih rumit dan beresiko dikarenakan butuh alat yang khusus, maka tahapan ini kita kesampingkan dulu. Tetapi sebagai gantinya kita bisa mencoba untuk membersihkan ruang bahan bakar dengan alat dan cara yang sederhana yaitu dengan cara menyemprotkan cairan engine conditioner ke ruang bahan bakar melalui lubang busi. Kemudian pasang kembali busi dan hidupkan mesin bila ruang bahan bakar kotor akan muncul asap hitam dari knalpot. Oh iya untuk mesin injeksi sebaiknya melihat spesifikasinya aman tidak untuk mesin injeksi.

Untuk mesin karburator mekanik biasanya membersihkan karburator dengan cara melepas karburator dan dibongkar. Satu persatu komponen dalam karburator dibersihkan menggunakan bensin. Nah cara yang itu mungkin terlalu rumit untuk orang awam, cara yang lebih gampang adalah menggunakan cairan pembersih karburator  yang ada banyak dipasaran. Lepas filter udara kemudian semport cairan tersebut dalam keadaan mesin hidup dan mainkan gas. Jadi ga perlu bongkar pasang karburator lagi..:).

Yang terakhir dan lumayan gampang adalah membersihkan filter udara. Ada macam-macam jenis filter udara, antara lain busa, kertas dan viscous element. Untuk busa dan kertas bisa langsung dibersihkan, caranya adalah dengan meniupkan angin kompresor dan untuk busa bisa langsung mencelupnya kedalam bensin berkali-kali lalu diperas. Dan oleskan oli baru yang encer ke permukaan filter yang menghadap luar. Untuk viscous element bila terlalu kotor  tidak bisa dibersihkan dan harus diganti baru, oh iya motor yang memakai viscous element antara lain honda vario,beat dan yamaha mio.