Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memodifikasi Mobil (Part 3)

shock racing mobil

shock racing mobil

Nah yang ini juga sering dimodifikasi, yaitu pada komponen per dan shockbreaker. Biasanya diganti atau diubah supaya tampilan menjadi lebih ceper dari standar, sehingga mobil menjadi lebih stabil saat berjalan(karena suspensi menjadi lebih keras).  Hal ini sebaiknya benar-benar diperhitungkan dan disetting dengan tepat, karena bila lebih keras maka kenyamanan akan berkurang apalagi bila dimuati oleh banyak penumpang maka suspensi akan menjadi lebih keras dan kaku. Yang resiko tinggi juga untuk mobil yang sangat ceper dan membuat ban ngesrot, karena bila ban ngesrot berarti bergesekkan pada sepakbor. Hal ini dapat berpotensi ban terkikis dan panas , sehingga dapat membuat ban meletus sampai timbul kebakaran.

Yang terakhir adalah pedal set,  modifikasi pedal set juga banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Hal ini bertujuan untuk membuat penampilan mobil semakin sporti dan ada aura racing. Tetapi pada kenyataannya banyak pemilik mobil yang mengganti pedal set ini dengan berbahan plastik, bordes dll dan biasanya juga ukurannya lebih besar dari standar. Yang perlu diperhatikan adalah jangan mengganti pedal set dengan bahan yang lebih licin dan mudah selip, karena sangat berbahaya. Menginjak rem bisa secara tiba-tiba terlepas karena licin dan menginjak gas bisa selip apalagi bila dalam kondisi menanjak, mobil bisa mati sampai mundur dikarenakan tidak ada daya dorong. Kemudian pada diameter, sebaiknya jangan memilih pedal set yang terlalu besar diamaternya karena jarak antar pedal akan menjadi lebih dekat. Hal ini dapat mengakibatkan pedal lainnya ikut terinjak, misal ingin menginjak gas ternyata rem juga ikut terinjak. Yang disarankan adalah pedal set yang berbahan karet diatasnya sehingga tidak licin dan diamater pedal set yang tidak terlalu jauh dari standar.

Nah modifikasi boleh-boleh aja tapi tetap ada perhitungan dan resiko yang harus dihadapi, tetapi bila ini menyangkut keselamatan lebih baik tidak berkompromi. Keep safety driver..