Jenis-jenis Filter Udara Motor dan cara perawatannya

filter udara jenis kertas(viscous element)

filter udara jenis kertas(viscous element)

Pada manusia terdapat hidung yang berguna untuk bernafas, kemudian diteruskan ke paru-paru yang tugasnya menyaring udara. Nah pada motor pun terdapat komponen yang bertugas untuk menyaring udara sebelum sampai ke ruang pembakaran. Komponen tersebut adalah filter udara, filter udara sangat penting perannya karena ikut menentukan kualitas pembakaran pada ruang bakar. Karena semakin bersih udara maka akan semakin bersih juga ruang pembakaran dan tenaga mesin akan keluar maksimal. Nah seiring dengan perkembang teknologi jenis-jenis filter udara juga berkembang, terdapat 3 jenis filter udara yaitu busa, kertas dan viscous element. Masing-masing mempuyai perlakuan yang berbeda-beda pula.

Jenis pertama adalah busa, filter udara jenis ini merupakan jenis yang banyak dipakai pada motor keluaran lama. Seperti  Honda Supra X, Suzuki Shogun, dll. Busa ini paling mudah dan gampang dirawat, cukup dengan disemprot kompresor dan bisa dicuci dengan bensin,maka filter udara jenis ini sudah dapat dipakai kembali. Untuk keawetan biasanya bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang, dan diganti bila busa tersebut sudah mulai hancur. Dan tentu saja harganya lumayan murah. Oh iya saat mencuci dengan bensin mengeringkannya cukup diremas saja, jangan diputar.

Jenis kedua adalah filter udara yang terbuat dari kertas. Bentuk fisiknya berbeda dengan jenis busa, terdapat kerangka filter udara yang sesuai dengan bentuk kotak filter dan kertasnya berbentuk kertas berbaris-baris. Cara membersihkannya cukup mudah yaitu dengan angin kompresor, tetapi jenis filter ini tidak boleh dibersihkan dengan bensin dan oli karena bisa bikin kertas tersebut rusak.

Yang ketiga adalah jenis viscous element, jenis ini lebih banyak dipakai oleh motor keluaran terbaru. Karena filter jenis ini dipercaya lebih bebas perawatan dan lebih tahan lama dan awet.  Secara fisik sama dengan filter udara jenis kertas, sama-sama terdapat kerangka dan kertas yang dilipat. Perbedaannya adalah filter jenis ini memiliki pelumas khusus, yang berfungsi menyaring kotoran  dan menempel pada filter udara. Karena terdapat pelumas khusus maka filter jenis ini jangan terlalu sering dibuka, karena ditakutkan pelumas khususnya akan hilang karena terkena udara. Nah filter jenis ini juga tidak dapat dibersihkan baik disemprot oleh angin kompresor maupun dicuci dengan bensin, bila dirasa filter sudah terlalu kotor, tidak ada jalan lain selain menggantinya dengan yang baru.