Motor Baruu lagi…Yamaha Force

Yamaha FORCE

Yamaha FORCE

Wuh..ga habis-habis bahas motor baru. Indonesia tahun ini bener-bener jadi surga biker…banyak motor baru yang nongol, dalam berbagai segmen pasar. Sebut saja Honda CB150, Kawasaki Bajaj Pulsar 220F, Yamaha Vega RR. Yang terakhir disebut belum sempet dibahas, malah bahas adiknya dulu yang menurut saya mempunyai ‘kemampuan’ lebih di dunia permotoran. Sebut saja sudah menggunakan injeksi, pelek racing, dan tenaga yang lumayan besar untuk seukuran motor bebek. Untuk penamaan Yamaha Memberikan nama Yamaha FORCE yang mempunyai arti sendiri F = Fuel injection, O=Oke, R=Ramping, C=Cepat dan E=Ekonomis. Secara fisik sih mirip Yamaha Force 1 yang hadir pada era 90an dan masih memakai mesin 2 tak, tetapi Yamaha Force ini lebih stylish dan dinamis, sesuai dengan desain masa kini. Untuk mesin ternyata basisnya sama dengan Yamaha Jupiter Z1 tetapi tetap disesuaikan dan ada beberapa komponen yang dikurangi, tujuannya adalah menyesuaikan segmen dan pasar. Berikut adalah fitur yang ada pada Yamaha FORCE yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk bagian mesin sebenarnya hampir sama dengan mesin Jupiter Z1, dimana pada mesin ini mengedepankan teknologi rendah gesekan. Caranya adalah dengan mengaplikasikan roller rocker arm kemudian adanya bearing pada kem, mirip dengan yang dipakai pada Jupiter Z1. Tujuannya jelas, untuk meminimalisasikan gesekan. Lanjut lagi pada sektor jantung mesin yaitu penggunaan forged piston dengan ring piston super tipis, untuk paduan forged piston yamaha juga menggunakan spiny sleeve silinder yaitu silinder yang lebih kuat dengan permukaan kasar sehingga lebih menyatu dengan silinder.

Kemudian yang menunjang torsi besar adalah desain ‘masuk’ dan ‘keluar’ yang tegak lurus dan panjang. yang terkakhir adalah pemakaian kopling dengan 4 per dan 4 kampas kopling.

Nah untuk urusan ‘otak’, yamaha Force ini menggunakan ECU 33 pin mirip dengan Yamaha New Vixion Lightning, kemudian untuk Throttle Body menggunakan Mikuni dengan ukuran 24mm, pompa bensin juga sudah menggunakan type brushless yang lebih senyap dan ringan kinerjanya. Untuk sensor-sensor menggunakan sensor TPS,IAPS(intake air pressure sensor), IATS(intake air temperature sensor), sensor suhu dan Sensor O2 di lubang keluar.

Sebenarnya secara spesifikasi mesin yamaha Force mirip dengan mesin Jupiter Z1, perbedaannya adalah pada yamaha force ini tidak menggunakan YZ crankshaft, sehingga secara tenaga lebih kecil daripada Jupiter Z1. diluar itu memang yamaha FORCE segmennya berbeda dengan Jupiter z1, lebih mengutamakan torsi untuk bekerja berat.