Fitur-fitur mobil baru yang tersembunyi tetapi mempunyai peran penting

engine mounting

engine mounting

Setelah heboh dengan peluncuran mobil murah, dimana indonesia menuju era baru dimana mobil dengan harga sangat terjangkau sudah hadir. Bila dilihat mobil murah ini bukanlah mobil murahan dengan adanya fitur-fitur yang canggih dan safety memunjukkan bahwa mobil murah ini mempunyai kualitas yang baik. Sebut saja honda brio satya dengan ABS, EBD dan Airbag dan toyota agya juga dengan SRS airbag, semuanya memberikan fitur-fitur yang boleh dibilang “mahal” dan sangat berorientasi terhadapat safety. Nah tetapi kali ini saya tidak akan membahas fitur-fitur mobil murah tersebut, kali ini kita akan membahas tentang fitur-fitur yang tersembunyi  orang tetapi mempunyai peran penting

Fitur pertama adalah engine mounting atau peganggan mesin ke sasis mobil, komponen ini mempunyai fungsi yang sangat vital karena tugasnya yang lumayan berat yaitu menggendong mesin dan menggabungkannya dengan sasis mobil. Bukan hanya mesin saja, bahkan transmisi pun menggunakan komponen ini. Oleh karena tugas yang berat maka teknologi dan fitur-fitur pun hadir dalam engine mounting, dari engine mounting yang hanya menggunakan karet sebagai komponen utamanya sampai dengan campuran karet dan fluida atau cairan. Tujuannya jelas untuk menambah kenyamanan dalam berkendara. Coba bayangkan bila mesin tidak menggunakan engine mounting, hanya langsung di gabung di sasis mobil. Pasti akan timbul getaran yang sangat keras sehingga dapat mengurangi kenyamanan dan keamanan mobil… nah engine mounting ini bertugas juga untuk meredam getaran mesin, fitur terbaru adalah engine mounting ini menggunakan fluida dan karet sebagai komponen utamanya, hasilnya getaran akan sangat berkurang apalagi bila mesin menggunakan konfigurasi silinder ganjil, karena biasanya mesin dengan silinder ganjil getarannya akan lebih besar. Contoh mobil yang memakai engine mounting fluida adalah nissan march.

Yang kedua adalah change line signal, nah fitu ini biasanya ada di mobil-mobil eropa dan amerika tetapi saat ini juga sudah mulai diadopsi mobil jepang salah satunya adalah suzuki ertiga. Fitur ini adalah fitur yang memudahkan membelok dengan menggunakan lampu sein. Dimana bila ingin membelok maka lampu sein hanya akan berkedip 3 kali, jadi sangat berguna bila mobil hanya akan mengubah jalur atau menyalip mobil lain. Cara mengaktifkannya adalah cukup menekan tuas sein tetapi jangan sampai terkunci, hanya ditekan sedikit maka lampu sein hanya berkedip 3 kali.

Fitur yang ini biasanya dipakai pada F1 saja, tetapi saat ini juga mulai diadopsi oleh mobil biasa, Yaitu F1 top fuel. Yaitu salah satu fitur yang memudahkan pada saat mengisi BBM, yaitu bila ingin mengisi BBM tidak perlu membuka tutup bensin dan memutar tutup saluran bensin hingga terbuka, cukup dengan mencolok dan memasukkan ujung selang pengisian ke saluran bensin. Oh iya untuk tutup bensin model ini bila ingin mengisi sampai penuh cukup sampai peringatan otomatis dari selang BBM bunyi, tidak usah menunggu sampai bensin terlihat disaluran bensin. Karena bensin akan terbuang percuma. Oh iya mobil yang sudah memakai fitur ini salah satunya adalah Ford Fiesta.