Hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan interior mobil

interior mobil

interior mobil

Interior mobil merupakan bagian dalam dari mobil yang langsung mempengaruhi suasana pengendara dan penumpang. Interior mobil biasanya terdiri dari jok, dasbor, plafon, karpet dan panel-panel lain seperti power window dll.  Ternyata fungsi interior ini sangat penting apalagi bila berhubungan langsung dengan kebersihan, bayangkan bila interior kotor dan tidak sehat, jelas akan mempengaruhi suasana di dalam kabin bahkan dapat mempengaruhi kesehatan yang didalamnya. Untuk itu bersih-bersih interior sudah menjadi rutinitas bila mobil sering dipake bepergian. Nah terkadang karena pengetahuan yang terbatas dan hanya berorientasi pada bersih, tetapi ternyata malah membuat rusak interior tersebut. Maka dari situ lebih baik mencari tahu hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan interior mobil.    

Jok, jok merupakan komponen yang sangat penting dari interior, coba bayangkan tiap kali didudukin dan tiap kalo bersentuhan langsung dengan orang. Coba bayangkan lagi bila jok kotor..apakah kita nyaman mendudukinya? Nah ternyata pabrikan mobil sudah merancang pelapis supaya lebih tahan banting dan mudah dibersihkan tetapi disarankan tidak menggunakan pembersih yang mengandung silikon apalagi untuk pelapis jok yang berbahan semi kulit, karena akan membuat warna pelapis jok menjadi berubahan dan akan membuat jok menjadi lebih licin. Sedangkan untuk teknik membersihkannya adalah dengan sikat yang bebulu halus dengan pola menyikan yang teratur.

Kemudian karpet, jelas karpet ini bisa menjadi sangat kotor karena terkena alas kaki yang belum tentu bersih saat naik mobil.bila memakai karpet yang dari karet jelas lebih mudah untuk membersihkannya, tinggal sikat dengan sabun dan bisa dengan  menggunakan sikat kasar. Tetapi bila karpet menggunakan bahan beludru yang mempunyai serat-serat maka disarankan hanya menggunakan sikat halus. Untuk melihat sikat itu termasuk sikat halus atau kasar, cukup dengan mencobanya ditangan bila sakit maka itu termasuk sikat kasar.

Lain hal lagi dengan dasbor, pada dasbor merupakan komponen yang akan diliat terus menerus selama berada dalam kabin. Bila kotor atau rusak tentu akan menggangu pemandangan, pada dasbor juga sering ditaruh bermacam-macam barang yang kadang meninggalkan bekas atau tumpah. Nah untuk membersihkannya susah-susah gampang, kadang hanya perlu dilap dengan kain basah tidak perlu menggunakan sabun. Tetapi sebenarnya terdapat cairan pembersih khusus dasbo yang ada dipasaran, nah sekedar catatan lebih baik cairan tersebut tidak mengandung silicon karna sifatnya yang membuat lengket kotoran dan debu. Kemudian disarankan juga tidak menggunakan bahan solvent atau minyak, karena di beberapa mobil bahan ini akan membuat dasbor mobil berubah warna bahan menjadi retak-retak.

Nah mending kita tau terlebih dahulu apa yang boleh dilakukan mana yang tidak, demi interior terjaga kebersihannya serta interior menjadi lebih awet dan tahan lama. Oh iya catatan terakhir yaitu.. lebih baik jangan membersihkan kisi-kisi AC menggunakan sikat gigi bekas, karna akan menimbulkan baret halus dan lama-lama menjadi kusam.