Ini Peserta Lengkap LCGC atau Mobil dengan Harga Terjangkau (part 1)

Toyota Agya, Daihatsu Ayla

Toyota Agya, Daihatsu Ayla

Masih heboh mobil murah atau penasaran? Tentu saat ini sudah agak berkurang rasa penasarannya.. karena  dijalanan sudah banyak mobil LCGC yang bersliweran. Nah dengan catatan..saat ini hanya dua pabrikan yang ‘resmi’ dan mendapat lampu hijau untuk memproduksi dan berjualan mobil LCGC, pabrikan tersebut adalah Toyota dengan Toyota Agya dan Daihatsu dengan Daihatsu Ayla. Nah apa kabar dengan pabrikan lain..ternyata pabrikan lain pun sangat berminat dengan program LCGC pemerintah ini, dan diyakini akan ikut ambil bagian dalam memproduksi LCGC. Sebut saja Honda, Suzuki dan Pemain baru dan langsung ikut dalam program LCGC yaitu Datsun, dan saya yakin pabrikan lainnya akan segera berkomitmen ikut program pemerintah ini. Nah siapakah saja Peserta LCGC ini untuk saat ini..

Yang pertama tentu Toyota dengan Agyanya, bisa dibilang pabrikan ini mencuri start setelah mendengar bahwa pemerintah akan mengeluarkan program LCGC. Toyota Agya bahkan sudah dikenalkan sebelum Peraturan Pemerintah tentang LCGC resmi disahkan. Toyota agya sendir merupakan mobil dengan bentuk hatchback dengan dimensi mungil, mungkin lebih cocok disebut dengan city car. Dengan 3 silinder berkapasitas 996cc dan dapat menghasilkan tenaga 64 dk pada 6000 rpm dengan torsi 85 Nm di 3.600 rpm. Bila dilihat dari spesifikasinya bisa dikatakan agya lebih sering bermain pada putaran tengah-atas. Untuk fitur toyota agya ini bisa dibilang mempunyai fitur yang mumpuni, dual airbags, power window, seatbelt prestensioner, 7 cup holder, jok belakang yang bisa dilipat, MID, EPS dan audio dengan koneksi USB. Untuk harga toyota agya berkisar 99 juta- 120 jutaan.

Yang kedua yang tidak lain adalah kembarannya Toyota Agya, yaitu Daihatsu Ayla. Secara garis besar fisiknya sama dengan Toyota Agya, tetapi Ayla dari tampilannya lebih terlihat elegan dan manis, sedangkan Agya lebih terkesan sporty dan ada sedikit aura racing. Hal tersebut dapat dilihat dari bentuk depan serta bentuk bemper depan, untuk ayla lebih terlihat garis tegas lebar dan sekilas dari depan mirip bentuk moncong aston martin dengan lubang udara yang besar. Sedangkan untuk agya bagian depannya dibuat lebih dinamis serta banyak lekukan yang membuat impresi awal lebih sporty. Perbedaan lainnya dari Agya adalah Ayla tidak dilengkapi dengan dual airbag tetapi fitur lain seperti EPS,MID dll sudah tersematkan pada mobil ini. Kemudian pada mesin, ayla mempunyai mesin yang sama dengan Agya. Yang membedakan jauh adalah pada segi harga, harga Daihatsu Ayla terpaut jauh dengan Agya. Untuk harga Daihatsu Ayla dijual pada harga mulai 76jutaan sampan dengan 100 jutaan.