Ini Peserta Lengkap LCGC atau Mobil dengan Harga Terjangkau (part 2)

Datsun Go+

Datsun Go+

Yang ketiga, yang saat ini masih dalam tahap pengujian dan sertifikasi sebagai Mobil LCGC, yaitu Honda Brio Satya. Mengambil basis honda brio yang sudah launching dulu, honda mengembangkan lagi Honda brio untuk menjadi Mobil LCGC.  Satya berarti setia, mungkin diharapkan dari penamaan ini adalah Honda Brio akan menjadi pendamping setia bagi penggunannya..keren juga..hehe. untuk fisik jelas masih sama dengan honda brio sebelumnya, perbedaannya adalah Honda Brio Satya ini memakai mesin yang lebih kecil yaitu 1.200cc(1.198cc) SOHC dan telah dilengkapi dengan i-VTEC sehingga bisa mengeluarkan tenaga sampai dengan 88 dk pada 8.500 rpm, kemudian torsinya pun lumayan besar yaitu 109 Nm/4.500 rpm. Brio satya pun sudah dilengkapi dengan airbag untuk penumpang depan, MID dan Indicator Eco.  Sayangnya Brio Satya ini hanya tersedia transmisi manual saja, untuk otomatis Honda belum tertarik untuk membuatnya. Harga pun untuk saat ini Brio Satya menjadi Mobil LCGC yang bersaing dengan Toyota Agya yaitu range harga sekitar 100 jutaan sampai dengan 120 jutaan.

Yang keempat dan juga akan segera muncul adalah LCGC dari Suzuki yaitu Suzuki Karimun Wagon R. secara penampilan mobil ini sangat mirip dengan pendahulunya yaitu suzuki karimun kotak, masih tersirat garis-garis karimun kotak. Namun sekarang dibuat lebih modern dengan headlamp yang lebih besar pada bagian depan, kemudian bagian belakang saya pikir lebih mirip dengan karimun estilo, dengan lampu rem yang meruncing dan kecil. Nah perbedaannya dengan LCGC lain adalah wagon R merupakan mobil yang bergenre city car bukan hatchback. Tentu keunggulan ini akan berdampak pada ruang penumpang yang lebih lapang, daya angkut yang lebih besar dan lega. Untuk mesin Karimun Wagon R menggunakan mesin 998 cc, 3 silinder yang dapat menghasilkan tenaga sampai dengan 68 dk pada 6.200 rpm. Untuk fitur pun lumayan lengkap meski minus airbag, sebut saja immobilizer, gear indicator dll. Oh iya ada yang unik dari mobil ini, yaitu tersedianya kompartemen(laci) yang terletak dibawah kursi  penumpang depan. Untuk harga estimasinya adalah sekitar 70 jutaan sampai 100 jutaan, oh iya untuk sementara cuma tersedia pada transmisi manual saja.  Dan sekali lagi Karimun Wagon R masih dalam sertfikasi LCGC mudah2an desember sudah bisa dikendarai. Stt..kabarnya akan ada Versi panjang alias 7 penumpang dari Suzuki Karimun Wagon R, dan diusahakan akan masuk dalam program LCGC.

Yang kelima dan bukan yang terakhir adalah Datsun Go+, nah ini merupakan misteri terbesar karena bukan hanya mobilnya saja yang belum nongol di indonesia tetapi dealer dan pabrikannya pun belum resmi launching di Indonesia. Nah tetapi sekarang penampakan dealernya bisa dilihat di dealer nissan, dimana ternyata Datsun akan nebeng di Dealer-dealer Nissan. Bila dirunut sebenarnya Nissan dan Datsun merupakan satu pabrikan, dulunya nissan yang menjual mobil-mobil datsun dan kemudian satu hal dan lain nissan mematikan merek datsun dan menggantinya dengan merek Nissan. Untuk sejarahnya ntar aja ya..hehhe kita lanjut bahas mobil Datsun Go+ ini.  Mobil ini sebenarnya sudah di press release di Indonesia beberapa waktu kemarin, secara fisik datsun Go+ ini mempunyai bentuk seperti MPV dimana dapat mengangkut 7 orang dan bertujuan untuk people mover dan barang, sepertinya juga ingin menyaingi Avanza dan Xenia karena mempunyai kelas yang sama. Untuk penampilannya lumayan menarik, garis-garis yang modern dengan headlamp yang tajam dan grill yang besar. Bagian belakang pun lumayan manis dengan lampu belakang yang besar dan berbentuk persegi dengan bagian tajam diatas. Untuk mesin Datsun Go+ ini menggunakan mesin nissan March 1.198 cc 3 silinder yang bisa menghasilkan 76 dk. Untuk sementara hanya tersedia pada transmisi manual saja, yang unik adalah tuas transmisi terletak pada dasbor disebelah setir sama seperti nissan evalia, dan tuas rem parkir berbentuk tarikan seperti kijang lama dan posisinya pun di dasbor. Untuk fitur mobil ini sangat standar dimana banyak fitur-fitur yang dikurangi tidak seperti standar mobil saat ini, sebut saja spion yang masih manual, wiper depan yang Cuma satu dan minus wiper belakang, kemudian pintu belakang yang tidak bisa dibuka dari luar. Nah semuanya itu demi harga yang sangat ekonomis..kabarnya pihak datsun berencana untuk menjual mobil ini dibawah 100 juta…gilaa khan..mobil 7 penumpang, modern, lapang,berkualitas  hanya dijual dibawah 100 juta. Wah hati-hati avanza,xenia dan spin..karena secara cc pun ga terlalu jauh dan sama-sama MPV. Mantaplah…tinggal nunggu pabrikan lain yang akan mengeluarkan LCGC..