Serba-Serbi Shockbreaker Mobil (part 1)

cara kerja shockbreaker

cara kerja shockbreaker

Balik ke jaman dahulu, dimana salah satu transportasi massak adalah gerobak yang ditarik kuda atau sapi. Pada saat itu segala goncangan atau efek dari kendaraan melaju langsung dirasakan oleh penumpangnya, bila jalan berlobang so pasti penumpang pasti langsung lompat-lompat dan tergoncang-goncang. Nah saat ini transportasi massal sangat beragam, salah satu pengganti dari gerobak adalah mobil. Dijamin mobil saat ini tidak lagi merasakan goncangan yang berlebih seperti gerobak dikarenakan adanya komponen yang bernama shockbreaker. Nah dengan berbagai macam tipe mobil berserta kebutuhan peruntukannya maka berbagai macam ramuan dan teknologi shockbreaker mobil pun bermunculan.

Prinsip kerja shockbreaker sebenarnya mudah yaitu hanya bergerak naik turun sesuai dengan tumpuannya, nah pada saat proses naik turun ini shockbreaker harus mempunyai fungsi damping(peredaman) dan rebound(penekanan). Umumnya shock mobil saat ini menyerupai tabung dan terdapat as ditengahnya kemudian didalam tabungnya berisi material tambahan yang berfungsi membantu kinerja shockbreaker salah satu yang sering digunakan adalah oli. Ada juga shockbreaker yang berisi gas yang tentunya memberikan efek dan feel yang berbeda dengan oli, bahkan saat ini ada juga shockbreaker yang berisi gas yang bisa diatur volume dalam tabungnya sehingga memberikan efek dan feel yang berbeda pada damping dan rebound.

Untuk jenis shock saat ini biasanya hanya terdapat dua jenis yaitu jenis yang biasa, yang hanya berupa tabung. Kemudian jenis kedua yaitu jenis coil over shockbreaker yaitu jenis shockbreaker mobil yang sudah mempunyai per keong pada shockbreakernya, jadi tidak perlu memasang per keong lagi, Cukup shockbreaker saja. biasanya jenis shock ini digunakan pada arena balap karena lebih ringkas dan simple, kemudian efeknya adalah mempunyai fungsi damping dan rebound sekaligus jadi benar-benar membantu untuk mobil high performance atau mobil balap. Tapi jangan sekali-kali mengganti shockbrekaer standar menjadi coil over shockbreaker bila mobil dipakai untuk harian karena suspensi akan menjadi lebih keras dan tentu akan sangat mengurangi kenyamanan bila dipakai harian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*