Serba-serbi Spion Motor

blindspot motor

blindspot motor

Komponen apa yang kecil dan sering nampak dimuka , sangat penting tetapi sering juga diabaikan… malah kadang cuma ada sebelah, kadang malah ngga ada. Komponen tersebut adalah spion…nah ngaku pasti sering menyepelekan spion. Banyak juga pengendara yang mengubah atau memodifikasi spion standar motor, bisa menjadi lebih kecil,pendek ataupun lebih besar. Padahal komponen ini sangat penting selain untuk mengintip situasi di belakang, masih banyak fungsi lainnya. Berikut akan membahas serba-serbi spion motor.

Oke pertama pasti setuju fungsi utama motor adalah untuk memantau kondisi di belakang, hal ini juga terkait fungsi safety, salah satu contohnya bila kita ingin belok diwajibkan untuk mengintip situasi di belakang melalui spion(selain itu kita juga harus menghidupkan lampu sein), takutnya ada kendaraan yang melintas pada saat kita belok. Nah pabrikan motor biasanya sudah membuat spion motor yang sudah diperhitungkan aspek safetynya. Biasanya juga nih..spion standar motor bentuknya tinggi dan besar, maksudnya tinggi ini spion standar motor bentuknya tinggi dan menjulang keluar seperti telinga. Maksud dari konstruksi ini adalah supaya spion tersebut menjadi patokan terluar dari sebuah motor, jadi bila melewati sesuatu yang sempit maka spion menjadi patokan, bila spion tersenggol berarti sesuatu tersebut sudah sangat dekat dengan pengendara, jadi pengendara bisa mengira-ngira dan membuat antisipasi bila sesuatu menyenggol spion. Ilustrasinya begini, bila kita melewati atau menyalip kendaraan dan kita ditengah-tengah kendaraan tersebut maka spion motor bisa jadi patokan kita bisa melewati kendaraan tersebut atau tidak.

Fungsi kedua adalah semua konstruksi spion motor didesain untuk kenyamanan dan keamanan pengendara, salah satunya lebar dan tinggi kaca spion sudah didesain begitu rupa. Supaya pandangan ke belakang dan kedepan terlihat lebih jelas dan tidak terhalang, tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Kemudian tangkai spion juga sudah diperhitungkan, biasanya tinggi tungkai dan arah spion sudah ditentukan. Untuk tinggi biasanya sekitar 11 cman diukur dari grip, kemudian arah tungkainya +kaca spion lebih menjulang keluar dari setang. Kemudian pada kaca spion standar kacanya dibuat cembung, yang membuat objek yang dibelakang lebih terlihat dekat daripada posisi sebenarnya, nah fungsinya ini adalah supaya pengendara lebih antisipatif dengan keadaan dibelakangnya, jadi lebih sigap.

Nah bicara kaca spion, biasanya disaat kita menoleh kosong ternyata tiba-tiba lewat sebuah kendaraan. Dengan kata lain kita tidak melihat kendaraan tersebut di kaca spion tetapi kendaraan tersebut tiba-tiba lewat atau muncul. Hal tersebut biasanya lebih dikenal dengan Blind Spot atau titik buta, dimana pengendara gagal melihat suatu area melalui kaca spion. Biasanya kendaraan tersebut ingin menyalip kita dan sudah dalam posisi disamping kita sehingga diluar jangkauan kaca spion, nah hal ini juga sangat berbahaya karena efek kaget dan kurang waspada bisa menjadi sebuah malapetaka. Untuk mengatasi blind spot ini biasanya disarankan kita untuk menoleh sedikit,dan harus dilakukan dengan cepat karena kita harus segera mengembalikan pandangan ke depan. Atau sebelum menoleh pengendara harus memastikan situasi didepan sudah aman. Kemudian untuk mengatasi blind spot ini biasanya juga bisa ditambahkan kaca cermin cembung kecil yang menempel pada kaca spion, biasanya ada pada kaca spion mobil tapi tidak haram diaplikasikan ke kaca spion motor.

Nah setelah melihat fungsi dari kaca spion motor, akan lebih baik bila kita pertimbangkan baik-baik bila ingin mengganti atau memodifikasi kaca spion motor. so be safety and be smart rider..CMIIW