R15 akhirnya datang…sang ”super sport” dari Yamaha

Yamaha R15 V-2

Yamaha R15 V-2

Wuaaahh…udah lama ngga ngeblog….dan udah lama ga sharing gossip ataupun fakta dan tips dari dunia otomotif. Mohon maaf bila yang komen juga agak lama dibales…,, oke deh lanjut ke fakta yang bener2 hot dan fresh. Yang tidak lain adalah hadirnya Yamaha YZF-R15,  keluarga motor sports dari Yamaha dengan kode YZF. Dimulai dari rumor, kemudian menjadi gossip dan ternyata menjadi fakta. (link gossip Yamaha r15). Ternyata dari artikel sebelumnya banyak juga hal2 yang meleset khususnya dari fitur-fitur yang diusung oleh Yamaha R15. Nah artikel berikut akan mengupas tuntas tentang Yamaha R15 ini.

Akhirnya muncul juga sang “super sport” kenapa bisa dibilang begitu, karena motor ini benar-benar racing look. Dengan mengambil DNA sport series Yamaha YZF, benar benar kereeen… oke. Untuk pertama kita akan membahas yang tampak dahulu alias tampang. Jelas untuk fisik, motor ini full fairing dengan desain yang aerodinamis dan buntuk yang nungging, ditambah dengan double seater. Kemudian beralih mata kebagian bawah, terdapat double cakram depan belakang yang lingkar pelek dan ban lumayan besar(ukurannya sama plek dengan Yamaha vixion lightning). Dan yang spesialnya lagi swing armnya sudah menggunakan full alumunium, dan bentuknya yang sudah mengadopsi seperti swing arm moge(banana arm). Untuk lampu belakang pun sudah menggunakan lampu LED, dan lampunya dibuat meruncing untuk menambah kesan racing.

Lanjut ke bagian jantung motor alias bagian mesin, untuk mesin tetap sama seperti Yamaha Vixion Lightning, 150cc SOHC, 4 klep dan dari data Yamaha tenaga yang dikeluarkan pun sama persis dengan Yamaha Vixion Lightning yaitu 16,59dk. Yang membedakan adalah pada Yamaha R15 ini sudah menggunakan 6 transmisi, yang pada artikel sebelumnya diprediksi bahwa Yamaha R15 akan menggunakan 5 transmisi alias downgrade, ternyata prediksinya salah. Yamaha R15 tetap menggunakan 6 transmisi.

Kemudian pada ECU pun menggunakan ECU khusus, yang telah disesuaikan mapnya dan tentuya juga karakter mesin pun akan berbeda dengan vixion. Untuk fitur2 lain tetap sama dengan Yamaha vixion lightning, nah untuk perbedaannya biasanya lebih kepada karakter dari motor itu sendiri, salah satunya adalah dikarenakan swing arm yang lebih panjang maka akan membuat distribusi bobot akan menjadi lebih seimbang, implikasinya handling akan menjadi lebih friendly dan lebih bagus dari Yamaha vixion lightning. Kemudian karena menggunakan fairing maka coefisien drag Yamaha R15 akan lebih baik, dengan kata lain Yamaha R15 ini akan lebih baik dalam hal membelah angin yang tentu akan sangat penting bila dalam kecepatan tinggi.

nah yang membuat motor ini “super sports” selain dari fitur-fitur dan penampakannya, adalah harganya ternyata harganya “cuma” beda sekitar 4 jutaan dengan Yamaha Vixion lightning. Dan yang menarik adalah perbedaan harganya yang sangat jauh dengan kompetitornya…dan benar2 membuat motor ini value to money. its up to you…

3 thoughts on “R15 akhirnya datang…sang ”super sport” dari Yamaha

  1. Gan sory ni nanya , TAPI JAKA Sembung bawa golok, pertanyaan nya gak nyambung ma artikel nya,,,,,,,,,, pertanyaan ini sudah ane tanyakan di artikel agan yg memposting masalah2 motor bajaj, nah ane naya disitu gak di jawab2, Ane mau tanya subtitusi seal sok depan PIBO ug4, cocok dengan motor apa yech?????????, sory dan terimakasih

  2. sudah saya jawab ya gan..maaf lamaaaa banget balesnnya…:(

  3. siiipppppppp

Comments are closed.