Hal-hal yang perlu diperhatikan pada motor dengan sistem injeksi

sistem injeksi honda, pgmfi, sistem injeksi, injeksi honda vario

sistem injeksi PGMFi(sumber:tmcblog.com)

Saat ini motor injeksi semakin banyak yang beredar, ini dapat dilihat dari penjualan motor injeksi yang semakin lama semakin naik. Hal ini juga didukung oleh pabrikan yang semakin banyak memproduksi dan mensosialisasikan motor injeksi.  Pada perubahan teknologi ini tentu ada banyak kendala, terutama dalam pemahaman pada sistem injeksi itu sendiri. Ada yang bilang motor injeksi itu adalah motor yang ribet dan banyak perawatan, hal ini tentu tidak sesuai dengan kenyataan bahwa sebenarnya motor injeksi itu dibuat untuk memudahkan pengguna. Karena semua sistem sudah computerized, tidak perlu setting secara manual. Implikasinya adalah biaya perawatan yang murah,  dan kemudahan dalam menservis. Tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna motor injeksi ini antara lain.

Pertama adalah pada saat awal menstarter mesin,pada motor injeksi ada tanda ECU itu merupakan lampu indikator bila ada part injeksi yang bermasalah. Jangan langsung menstarter motor anda ketika kunci kontak dihidupkan, sebaiknya menunggu lampu indikator itu padam baru boleh untuk menstarter mesin. Karena seperti komputer biasa ECU harus Booting terlebih dahulu sebelum nyala, fungsinya adalah ECU perlu mengumpulkan data-data sebelum mesin dinyalakan.

lampu ECU, indikator ECU, ECU, tanda ECU, sistem injeksi

tanda ECU

Seteleh mesin nyala biasakan untuk memanaskan mesin sekitar 3 menit, apalagi dengan adanya fitur autochoke yang memastikan mesin menyala setelah distarter. Atau tunggu putaran mesin menjadi stationer normal. Fungsinya seperti motor berkarbu  yaitu mensirkulasikan oli ke seluruh mesin.

Sebaiknya tidak selalu meninggalkan tangki bensin pada posisi low atau sedikit. Karena pompa bensin selalu bekerja walau bensin telah habis. Apalagi dengan posisi bensin benar-benar habis, pompa tetap akan bekerja dan tentunya akan bekerja lebih berat.

Perhatikan indikator ECU, bila setelah kontak di on ECU menyala kemudian mati kemudia lampu ECU kembali nyala. Ada indikasi ada kerusakan pada sistem injeksi atau pada sensor-sensor, kedipan lampu ECU ini mempunyai makna yang berbeda-beda sesua dengan panjang dan pendek kedipan lampu tersebut.

Terakhir adalah untuk motor yang mempunyai lean angle sensor, yaitu sensor yang bertugas mematikan bensin saat motor jatuh, dengan catatan bila motor derajad kemiringannya minimal 65 derajat. Bila motor jatuh, lebih baik jangan langsung distarter karena percuma saja, disaat itu lean angle sensor sedang bekerja. Untuk kembali menghidupkan motor harus dengan mematikan terlebih dahulu mesin, baru dinyalakan kembali.

146 thoughts on “Hal-hal yang perlu diperhatikan pada motor dengan sistem injeksi

  1. ECU motor injection terletak dekat apa,??
    Trimakasih

  2. tergantung motornya gan..untuk vixion terletak di bawah jok, kalo untuk supra x 125 helm in ada di sebelah kanan bagian atas. tapi biasanya terletak di bagian atas pada motor, dengan tujuan biar aman dari dari air.

  3. apakah motor metic yang masih baru harus di statar kossong sebelum dinyalakan atau langsung di pencet tombol starter

  4. untuk motor injeksi sebaiknya tunggu lampu indikatornya mati dulu gan, baru di stater. untuk stater kosong maksudnya gimana ya?

  5. mau tanya dong, misalkan kontak baru dihidupin terus mesin injeksinya kedap kedip terus
    tetapi waktu di jalankan lampu injeksinya tetap menyala
    itu kenapa yah ?

  6. berarti ada salah satu sensor atau komponen yang rusak gan.. setiap kedipan itu ada artinya. coba langsung ke bengkel resmi gan..disana ada alat untuk diagnosa sensor atau komponen apa yang rusak.

  7. motor pagi2 Mau dipanasin ga mau nyala,sampe sekarang juga ga mau nyala,lampu indikator mati,aki baru ganti merk gforce,kira2 apa penyebabna

  8. motor ane xeon 2010

  9. berarti masih pake karbu ya gan..belum injeksi. kalo diidupin pake engkol(kick starter) gimana gan? masih susah idup juga? trus kalo udah idup seringnya mati lagi? kalo itu kemungkinan setelan karburatornya kurang pas gan..khusus putaran mesin saat stasioner harus agak tinggi. untuk ngecek aki kondisinya bagus ngga.. coba agan pencet klakson, suaranya masih nyaring ngga? kalo masih berarti aki kondisi bagus, kalo suara klakson lemah ada kemungkinan akinya tekor or pengisian akinya bermasalah.

  10. klo pagi, hidupin motor vixionnya, dgn kick starter, ato pake tombol,,,,mohon infonya,,,

  11. kalo pagi sebaiknya, dikick starter sekitar 3 kali pada saat kontak off, kemudian kontak di on kan trus dikickstarter sampe hidup. tujuannya biar oli naik dahulu sehingga pas mesin hidup oli sudah sirkulasi terlebih dahulu.CMIIW

  12. gan mau nanya nh . motor beat inj ane lampu indikatornya gak mau nyala trz lampu sen’y kedipannya cepet bgt trz klaksonnya gak mau bunyi . tuh kenapa ya gan .
    tnx gan .

  13. agan pernah modifikasi kelistrikan ngga?
    kayak masang klakson, lampu tambahan dll? kalo ada ada kemungkinan konsleting di sistem kelistrikan. coba cek di bengkel resmi ..coz kelistrikan motor injeksi memang agak senstif gan..

  14. mau tanya gan.
    motor saya beat inj. kenapa ya tiap di pencet starter, mesin nya gk nyala tapi malah lampu indikator nya yang nyala. begitu pun seterus nya. kadang kalo di paksa nyala sih.
    sensor mana ya yang harus saya ganti ato servis ??
    trims !!!

  15. wah..mending agan ke bengkel resmi untuk ngecek bagian mana yang rusak disana ada alat yang bisa langsung baca. dan sebenarnya juga lampu indikator menyala itu juga ada artinya gan.. ditandai dengan kedipan panjang dan kedipan pendek.

  16. Mau nanya gan, ada efeknya gak yah kalo kontak baru on lampu indikator masih nyala tp lgsung di starter…soalnya sering2 lampu indikator belum mati starter udah dinyalain

  17. Tanya gan, setiap nyalain mtor mesti harus nunggu mesin stasioner dulu pdahal baru aja di pake…itu gimana

  18. Nanya nih gan tolong di jawab yaa…kunci baru on lampu indikator menyala dan lampu indikator belum sampai mati tapi starter udah di hidupkan itu gimana???ada efeknya gak, takutnya entar ada kerusakan bila terus di lanjutin kaya gitu soalnya sering bgt terjadi sperti itu…makasih

  19. Gan nanya dong cbr 150 fi saya lama ga di nyalain.. Pass mau nyalain ga bs.. Saya kira aki soak . saya ganti baru tetep ga nyala… Cm ada suara ciiitt ciitt ciitt aja .. Ga bs bromm bromm mesin ga idup. Knpa yah ? Indikator injeksi ga ada yg aneh.. Pass nyalain spwdometer bergerak sampe posisi smula.. Trs indikator nyala dan mati sprti normal.. Dan pass starter cm citt citt aja

  20. kalo efek langsung mungkin ga ada gan..tapi efek jangka panjangnya sistem dalam injeksi bisa error. analoginya kayak di komputer untuk masuk ke OS(windows) perlu booting dulu..jadi pas pertama kali itu sebenarnya ECU mengumpulkan data dulu dari sensor2 yang ada di motor, makanya tidak dianjurkan langsung menghidupkan mesin karena input yang diambil ECU bisa terpotong. CMIIW

  21. ga harus nunggu stationer gan..asal suhu mesin sudah ideal bisa langsung tancap gas. jadi kalo motor dipake dan dihidupkan tapi mesin masih belum bisa langsam(stationer) maka itu tandanya suhu mesin masih dingin dan belum ideal. sebaiknya nunggu sebentar sampe suhu mesih ideal. kalo langsung dipake sih gpp gan…tapi kalo bisa jangan langsung tancap gas, jalannya pelan2 dulu(panasin sambil jalan).

  22. liat komen saya dibawah ya gan..:)

  23. maaf memang CBR 150 ga ada engkolnya ya gan? cuma ada starter elektrik. kalo gitu kemungkinan besar cek tombol starter elektriknya mungkin kotor, trus cek bendiknya(istilah bengkel) kalo awamnya itu motor starternya.CMIIW

  24. gan mau nanya..motor jupiter z1 gw lampu utamanya berkedip pas di stater buat panasin mesin,,itu knapa ya?

  25. cek akinya, kiprok sama spulnya gan..or ada kabel yang konslet CMIIW

  26. sory gan ane abis bongkar soul gt ane tapi pas beres di stater ngempos/nyelos penyebab nye apa ye gan

  27. mungkin kompresinya bocor gan..den