Hal-hal yang perlu diperhatikan pada motor dengan sistem injeksi

sistem injeksi honda, pgmfi, sistem injeksi, injeksi honda vario

sistem injeksi PGMFi(sumber:tmcblog.com)

Saat ini motor injeksi semakin banyak yang beredar, ini dapat dilihat dari penjualan motor injeksi yang semakin lama semakin naik. Hal ini juga didukung oleh pabrikan yang semakin banyak memproduksi dan mensosialisasikan motor injeksi.  Pada perubahan teknologi ini tentu ada banyak kendala, terutama dalam pemahaman pada sistem injeksi itu sendiri. Ada yang bilang motor injeksi itu adalah motor yang ribet dan banyak perawatan, hal ini tentu tidak sesuai dengan kenyataan bahwa sebenarnya motor injeksi itu dibuat untuk memudahkan pengguna. Karena semua sistem sudah computerized, tidak perlu setting secara manual. Implikasinya adalah biaya perawatan yang murah,  dan kemudahan dalam menservis. Tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna motor injeksi ini antara lain.

Pertama adalah pada saat awal menstarter mesin,pada motor injeksi ada tanda ECU itu merupakan lampu indikator bila ada part injeksi yang bermasalah. Jangan langsung menstarter motor anda ketika kunci kontak dihidupkan, sebaiknya menunggu lampu indikator itu padam baru boleh untuk menstarter mesin. Karena seperti komputer biasa ECU harus Booting terlebih dahulu sebelum nyala, fungsinya adalah ECU perlu mengumpulkan data-data sebelum mesin dinyalakan.

lampu ECU, indikator ECU, ECU, tanda ECU, sistem injeksi

tanda ECU

Seteleh mesin nyala biasakan untuk memanaskan mesin sekitar 3 menit, apalagi dengan adanya fitur autochoke yang memastikan mesin menyala setelah distarter. Atau tunggu putaran mesin menjadi stationer normal. Fungsinya seperti motor berkarbu  yaitu mensirkulasikan oli ke seluruh mesin.

Sebaiknya tidak selalu meninggalkan tangki bensin pada posisi low atau sedikit. Karena pompa bensin selalu bekerja walau bensin telah habis. Apalagi dengan posisi bensin benar-benar habis, pompa tetap akan bekerja dan tentunya akan bekerja lebih berat.

Perhatikan indikator ECU, bila setelah kontak di on ECU menyala kemudian mati kemudia lampu ECU kembali nyala. Ada indikasi ada kerusakan pada sistem injeksi atau pada sensor-sensor, kedipan lampu ECU ini mempunyai makna yang berbeda-beda sesua dengan panjang dan pendek kedipan lampu tersebut.

Terakhir adalah untuk motor yang mempunyai lean angle sensor, yaitu sensor yang bertugas mematikan bensin saat motor jatuh, dengan catatan bila motor derajad kemiringannya minimal 65 derajat. Bila motor jatuh, lebih baik jangan langsung distarter karena percuma saja, disaat itu lean angle sensor sedang bekerja. Untuk kembali menghidupkan motor harus dengan mematikan terlebih dahulu mesin, baru dinyalakan kembali.

Be Sociable, Share!

130 thoughts on “Hal-hal yang perlu diperhatikan pada motor dengan sistem injeksi

  1. ECU motor injection terletak dekat apa,??
    Trimakasih

    • tergantung motornya gan..untuk vixion terletak di bawah jok, kalo untuk supra x 125 helm in ada di sebelah kanan bagian atas. tapi biasanya terletak di bagian atas pada motor, dengan tujuan biar aman dari dari air.

  2. apakah motor metic yang masih baru harus di statar kossong sebelum dinyalakan atau langsung di pencet tombol starter

  3. mau tanya dong, misalkan kontak baru dihidupin terus mesin injeksinya kedap kedip terus
    tetapi waktu di jalankan lampu injeksinya tetap menyala
    itu kenapa yah ?

    • berarti ada salah satu sensor atau komponen yang rusak gan.. setiap kedipan itu ada artinya. coba langsung ke bengkel resmi gan..disana ada alat untuk diagnosa sensor atau komponen apa yang rusak.

  4. motor pagi2 Mau dipanasin ga mau nyala,sampe sekarang juga ga mau nyala,lampu indikator mati,aki baru ganti merk gforce,kira2 apa penyebabna

  5. motor ane xeon 2010

    • berarti masih pake karbu ya gan..belum injeksi. kalo diidupin pake engkol(kick starter) gimana gan? masih susah idup juga? trus kalo udah idup seringnya mati lagi? kalo itu kemungkinan setelan karburatornya kurang pas gan..khusus putaran mesin saat stasioner harus agak tinggi. untuk ngecek aki kondisinya bagus ngga.. coba agan pencet klakson, suaranya masih nyaring ngga? kalo masih berarti aki kondisi bagus, kalo suara klakson lemah ada kemungkinan akinya tekor or pengisian akinya bermasalah.

  6. klo pagi, hidupin motor vixionnya, dgn kick starter, ato pake tombol,,,,mohon infonya,,,

    • kalo pagi sebaiknya, dikick starter sekitar 3 kali pada saat kontak off, kemudian kontak di on kan trus dikickstarter sampe hidup. tujuannya biar oli naik dahulu sehingga pas mesin hidup oli sudah sirkulasi terlebih dahulu.CMIIW

  7. gan mau nanya nh . motor beat inj ane lampu indikatornya gak mau nyala trz lampu sen’y kedipannya cepet bgt trz klaksonnya gak mau bunyi . tuh kenapa ya gan .
    tnx gan .

    • agan pernah modifikasi kelistrikan ngga?
      kayak masang klakson, lampu tambahan dll? kalo ada ada kemungkinan konsleting di sistem kelistrikan. coba cek di bengkel resmi ..coz kelistrikan motor injeksi memang agak senstif gan..

  8. mau tanya gan.
    motor saya beat inj. kenapa ya tiap di pencet starter, mesin nya gk nyala tapi malah lampu indikator nya yang nyala. begitu pun seterus nya. kadang kalo di paksa nyala sih.
    sensor mana ya yang harus saya ganti ato servis ??
    trims !!!

    • wah..mending agan ke bengkel resmi untuk ngecek bagian mana yang rusak disana ada alat yang bisa langsung baca. dan sebenarnya juga lampu indikator menyala itu juga ada artinya gan.. ditandai dengan kedipan panjang dan kedipan pendek.

      • Tanya gan, setiap nyalain mtor mesti harus nunggu mesin stasioner dulu pdahal baru aja di pake…itu gimana

        • ga harus nunggu stationer gan..asal suhu mesin sudah ideal bisa langsung tancap gas. jadi kalo motor dipake dan dihidupkan tapi mesin masih belum bisa langsam(stationer) maka itu tandanya suhu mesin masih dingin dan belum ideal. sebaiknya nunggu sebentar sampe suhu mesih ideal. kalo langsung dipake sih gpp gan…tapi kalo bisa jangan langsung tancap gas, jalannya pelan2 dulu(panasin sambil jalan).

      • Nanya nih gan tolong di jawab yaa…kunci baru on lampu indikator menyala dan lampu indikator belum sampai mati tapi starter udah di hidupkan itu gimana???ada efeknya gak, takutnya entar ada kerusakan bila terus di lanjutin kaya gitu soalnya sering bgt terjadi sperti itu…makasih

  9. Mau nanya gan, ada efeknya gak yah kalo kontak baru on lampu indikator masih nyala tp lgsung di starter…soalnya sering2 lampu indikator belum mati starter udah dinyalain

    • kalo efek langsung mungkin ga ada gan..tapi efek jangka panjangnya sistem dalam injeksi bisa error. analoginya kayak di komputer untuk masuk ke OS(windows) perlu booting dulu..jadi pas pertama kali itu sebenarnya ECU mengumpulkan data dulu dari sensor2 yang ada di motor, makanya tidak dianjurkan langsung menghidupkan mesin karena input yang diambil ECU bisa terpotong. CMIIW

  10. Gan nanya dong cbr 150 fi saya lama ga di nyalain.. Pass mau nyalain ga bs.. Saya kira aki soak . saya ganti baru tetep ga nyala… Cm ada suara ciiitt ciitt ciitt aja .. Ga bs bromm bromm mesin ga idup. Knpa yah ? Indikator injeksi ga ada yg aneh.. Pass nyalain spwdometer bergerak sampe posisi smula.. Trs indikator nyala dan mati sprti normal.. Dan pass starter cm citt citt aja

    • maaf memang CBR 150 ga ada engkolnya ya gan? cuma ada starter elektrik. kalo gitu kemungkinan besar cek tombol starter elektriknya mungkin kotor, trus cek bendiknya(istilah bengkel) kalo awamnya itu motor starternya.CMIIW

  11. gan mau nanya..motor jupiter z1 gw lampu utamanya berkedip pas di stater buat panasin mesin,,itu knapa ya?

  12. sory gan ane abis bongkar soul gt ane tapi pas beres di stater ngempos/nyelos penyebab nye apa ye gan

  13. Mas, motor supra x125 saat kunci kontak on, lsg starter dan starternya idup trus saat dipake jalan tu apa penyebabnya ya?

  14. Gan..motor ane soul gt..klo udh d jalan trus berhenti sbentr misalx mampir ke toko trus mau jalan lgi..pas xlain mtorx tu kadang ssah bngt..smpek hrus starter kaki..itu kenapa yh gan ??ada solusix gak ???

  15. apakah sama kerusakan pada injektor matic dengan injektor motor biasa..?

  16. apa perbedaan injector matic honda,yamaha,dan suzuki…?

    • perbdaan secara mendasar tidak terlalu banyak gan..sistemnya juga mirip2, sensor2 juga mirip. yang memebdakan mungkin cara pembacaan sensor2 saja..dan cara pengolahannya dalam ECU

  17. Mau nanya gan,kalo lampu senja ngaruh sama aki nggak sih ? Soalnya lampu senja yg ane beli kedip2 terus,udh gitu kalo lgi manasin motor,misalnya motor udh nyala,sekitar 30 detik langsung mati lgi… itu gimana gan ??

    • tergantung pengapiannya gan..tapi rata2 motor injeksi itu sistem kelistrikannya DC jadi langsung dari aki..nah kalo gitu memang aki ngaruh ke lampu senja. kalo kedip2 ada kemungkinan kelistrikan yang ke lampu ada konslet atau lampunya kurang kenceng…coba cek kabel yang ke lampu senja dan cek dudukan lampu senjanya. CMIIW

  18. kang, beat fi ane baru 5bln, tadi sehabis isi bensin ane pasang kontak di on tapi indikator ga nyala, knp itu kang?
    nuhun..

    • motor masih bisa hidup ngga gan? ada kemungkinan masalah dikelistrikannya gan..waah kalo motor baru mending langsung komplain di ahass gan..saya ga rekomendasi utak atik maslah kelistrikan di motor injeksi coz lebih sensitif

  19. gan mau tanya,mtor ane vixion 2010 setelah saya pasang klakson gede jarum Rpm naik turun,,,
    knapa gan yaa?padahal aki masih kuat buat elektrik starter,
    Mohon jawaban”a gan,,,

    • itu tandanya kurang dayanya gan..coz kelistrikan vixion hanya mengandalkan aki,dan aki vixion termasuk kecil yaitu 3,5 A. solusinya agan ganti aki yang agak gede dayanya..biasanya punya suzuki satria FU 150 dayanya 6 A, langsung plek cuma lebih tinggi aja.

  20. Gan saya baru beli beat fi baru 2mingguan
    sebaiknya pas pagi pagi teknik pemanasan mendingan lngsung di starter tangan apa pake kick starter ya gan?

  21. Gan vixionku suara injeksinya kok bunyi terus ya..padahal lampu indikatornya warna kuning udah mati..tapi waktu kejadian t matikan lagi baru d hidupkan lagi..tp juga ini trjadi kadang2”thk masbro mohon d konfirmasi

    • itu bunyi pompa bensin gan..kalo suaranya terlalu keras kemungkinan ada masalah di pompa bensinnya(bisa kesumbat dll). cek pompa bensin+filternya gan..

  22. Mau tanya artinya :
    tunggu putaran mesin menjadi stationer normal.

    mohon dijelaskan?

    • bunyi mesinnya jadi stabil gan..jadi lebih tenang alias putaran mesinnya stabil. coba agan bedain bunyi mesin pas baru diidupin dan setelah dipanasin beberapa lama.

  23. Misi gan mau nanya saya baru bli mtor verja warna putih.bru berapa hari.ketika saya standar dua tegak u. parkir kenapa goyang yah stelah sya trun dari mtor lalu saya goyangkan kaya mau lepas dari standar dua itu.apa stiap mtor verja kaya gitu.

    • hmnn..dipastikan dulu lantainya rata gan. kalo sudah rata dan tetap goyang. cek standar duanya..mungkin ada yang bengkok or kurang pas

  24. Gan mo tnya motor ninja fi gw tinggal sebulan ke luar kota dan pas gw balik tuh motor g bisa nyala pas gw starter..pa gara2 mesinx g pernah d panasin yaa..tlong bantuan gan!!

  25. Gan, mau tanya.. Sy baru beli YamahaGT125, tapi di kick statergk bisa gan, nyampe keringetangan, padahal sy mau ngikutin saranan agan utk manasin motordngan cara kick stater… Makasih gan solusinya.. Mohon dijawab ya Gan..

    • hmnn..kalo di starter elektrik gampang ngga gan ngidupinnya? sebelum kontak di on coba dikick starter 3X dulu, trus kontak di on baru dikickstarter agak keras.kalo belum bisa coba cek ke bengkel gan..komplain aja.

  26. Om.. Numpang tanya ya??
    Motor ane ninja 250Fi, motor semenjak 3hari ga pernah dipake dan dipanaskan.
    Tiba2 dipanasin, lampu check engine hidup tanpa kedip (on terus)..
    Kira2 apa ya om? Bantu pencerahannya..
    Seinget ane cuma di steam aja 3 hari yg lalu.

    • nah ada kemungkinan ada air yang masuk ke sistem kelistrikannya gan, bisa disoket2nya atau kabelnya. jadinya kelistrikannya konslet..coba dibongkar dulu dan keringin kabel+soket2nya.

  27. Bro.. kenapaya motor sy suprax 125 injeksi tahun 2007 klo udh mesin hidup bahkan di bawa jalan klo staternya di tekan mesin malah mati.. itu apa sebabnya???

  28. gan ane mau tanya,, tolong banget di jawab ya
    kenapa ya vixion ane kadang2 pas di kontak lampu indikatornya gak nyala2 ?? setelah agak lama baru nyala dan motor bisa di statkenapa ya vixion ane kadang2 pas di kontak kenapa ya vixion ane kadang2 pas di kontak lampu indikatornya gak nyala2 ?? setelah agak lama baru nyala dan motor bisa di statkenapa ya vixion ane kadang2 pas di kontak lam

  29. Mas mau tanya motor vixion saya kpan hari lampu injectionnya kedip” trus tpi distaternyala trus tdi distarter gk bisa.
    Anehnya double starternya gk bisa pakek kick stater jga gk bisa.
    Kendalanya apa mas.
    Mohon bantuannya mas

  30. Mas mau tanya motor vixion saya kpan hari lampu injectionnya kedip” trus tpi distaternyala trus tdi distarter gk bisa.Anehnya double starternya gk bisa pakek kick stater jga gk bisa.Kendalanya apa mas.Mohon bantuannya mas

  31. mau tanya dong, motor saya beat fi, kenapa head lamp mati baik lampu dekat maupun lampu jauh tapi indikator lampu jauh di speedo hidup statis jadi begitu mesin hidup lampu warna biru di speedo nyala gak pengaruh walau saklar diposisikan di lampu dekat, yang lain seperti lampu sen, lampu senja,lampu rem/malam, klakson normal? Thank’s sebelumnya

  32. Senang baca artikel dari agan ini,sangat membuka wawasan saya :) thx banget maju terus gan,semoga semakin di berikan berkat oleh yang kuasa krn kebaikan hati agan yang mau berbagi kepada teman2 semua:)

  33. Gan, mau tanya dong, knapa motor vixion ane lampu senja nya nyala ЌäĽ☺ ∂ϊ rem! Itu yg bermasalah apanya ya gan?

  34. lampu engin saya menyala terus, gax mati”, itu kerusakan dari apa yah, mtr nya xeon rc,terima kasih

    • ada artinya masing2 gan..coba cek panjang pendeknya..or lebih baik ke bengkel resmi aja disana ada alat yang bisa mbaca kerusakann apa

  35. Mau nanya ni mas rendy saya pengguna new vixion dari beli saya selalu ” minum ” premium sampek sekarang.. Nah yang saya tanyakan apakah ada efek sampingnya klo terus pake premium mengingat kompresi vixion terbilang tinggi..
    Terima kasih

    • efek sampingnnya jelas ada gan..kemungkinannya ada di dalam ruang bahan bkar akan lebih banyak kerak karbonnya,dan injector akan lebih cepat kotor. dan tenaganya jelas beda dengan yang pake pertamax.. solusinya harus lebih sering bersih2 gan…bersih2 tangki,injector+salurannya, trus sering2 bersih ruang bahan bakar juga.

  36. gan,, tanya motor scoopy saya baru sekitar 1 bulan,,, klo manasin mesin pagi hari biasanya kontak langsung on dan pake kickstater,,, ada pengaruh gak?, dari baca koment diatas kok harusnya kickstater tp dlm kondisi kontak off dlu baru di on kan dan kmbali pke kickstater… mohon dijawab ,mksh

    • sebagusnya memang pake kickstarter gan..pengaruhnya sebenarnya ke mesin aja, jadi kalo pake kick starter oli dipaksa naik dan bersirkulasi oleh kickstarter. jadi pas mesin hidup mesin sudah tersirkulasi oleh oli..kalo pake elektrik starter mesin lsng hidup dan takutnya oli belum tersirkulasi dngn baik. CMIIW

  37. Gan motor cbr 150 fi kmrin pas saya hidupin lampu netralnya kadang nyala kadang tidak,tu pnyebabnya pa z gan,sedangkn akinya masih bagus?

  38. Gan mw tanya ane pnya vixion 2012 hbis di servis ko lampu indikator nya yg kuning nyala kdang2 trus mtor kya kehabisan bensin kira2 apa itu gan yg rusak

  39. Gan.. Mau tanya, pada saat r15 ku kunci kontak pada posisi ON, knp y lampu indikator ecunya tidak menyala, sdgkan 4 lampu indikator lain menyala sebentar. Kira kira itu normal apa tidak.

    • waah..R15,udah dapet aja unitnya gan.. kalo untuk motor injeksi secara umum harusnya hidup gan.. coba agan komplain garansinya gan..takutnya ada apa2

  40. Mas mau nanya kalo beat fi ane kalo kontaknya di on lampu indikatornya gak nyala.. Terus gak bisa di stater.. Tapi pake kick stater bisa.. Pas nyala.. Bunyi klakson soakk.. Lampu sennya rada cepet.. Itu kira2 masalah apanya ya? Apa akinya mas..? Sudah skitar 1,5 thun sih blum gnti aki

  41. gan mau tanyak ni, vario iss gw lampu tanda ecu nya nyala,coba stater hidup tapi di bawak jalan dikit tu motor nyendat” kayak habis minyak ,itu kendala nya apa ya gan, soal nya gw dah coba bwk ke dealer tu motor kata nya aki yg soak, tapi dah di ganti tetap aja nyendat”

    • lampu tanda ECUnya kedap kedip ngga gan..? setiap kedipan ada artinya gan..coba agan ke bengkel resmi..harusnya mereka yg lebih tahu masalahnya dimana?

  42. mau nanya gan,motor ane vario injection 125 udah hampir 2 bulan starter listriknya mati,jadi ane slalu pake starter kaki, lampu indikatornya kedep kedip malah pernah nyalah lama bgt saat d perjalanan tandanya knpa y gan,apa akinya soak,tapi klaksonnya masih bagus suaranya,dulu ane pernah masang saklar untuk lampu,karnakan motor sekarang lampunya selalu on ane berpikir biyr ga boros aki klo siang nyala terus,apa ada ngaruhnya ya gan,terus klo akinya soak sampe jangka waktu 3 bulan belum d ganti ada ngaruhnya ga ya gan buat komponen2lainnya..
    mohon penjelasannya gan makasih…

    • lampu kedap kedip berarti ada yang ga beres dengan sistem injeksinya gan..coba agan cek ke bengkel resmi dahulu sebelum mengganti aki.bisa jadi gan dikarenakan saklar lampunya..karena pemasangannya ga bener bisa jadi konslet dan mengganngu komponen kelistrikan lain. sistem injeks memang agan sensitif msalah kelistrikan gan..

  43. Gan mtor ane beat f1 skrg jlnnya g enk getar gtu .. kra”knp y?

  44. kalo motor ane injektionnya nyala terus itu knapa gan?

  45. Gan motor ane vixion 2009 pas jalan ko’ lampu indikatornya nyala terus ˚ŷά˚ tpi lama kelamaan mati, saya udah pernah bawa ke bengkel resmi katanya ga’ åd̲̮̲̅͡å masalah apa2

  46. gan, mau tanya donk? motor saya xeon rc baru turun dr dealer, saya kira motor baru ok donk gk saya chek lg, eh ternyata pass saya kick starter knapa engga nyala” ya gan, mohon pencerahanya? sampai sakit ni kaki sela terus….

    • wah..wah..mending agan komplain ke bengkel yamaha lagi gan..kalo sampe bener2 ngga nyala berarti ada komponen yang ga pas settingannya or malah takutnya ada komponen yg gagal produksi.

  47. mw nanya gan,,,motor saya beat fi,,blm setahun aki soak,,apa boleh saya hidupkan pake kick starter..!mohon pencerahan..

    • boleh aja gan..tapi sebaiknya cepat2 ganti aki baru, coz sudah menggunakan sistem injeksi nah..sistem injeksi ini butuh suplay listrik yg bagus dan stabil.

  48. Gan mau nanya, motor saya baru di servis vixion. Saat kunci kontak di ON kan lampu warna kuning di speedometer gak mau nyala, itu tandanya apa ya?? Mohon infonya

    • coba cek sistem injeksi secara keseluruhan gan..biasanya pake alat yg namanya OBD dan biasanya cuma bengkel resmi yamaha yang punya.

  49. LAMPU ECU NYA NYALA gan, nyala nya agak lama trus mati, nyala lagi gitu” trus gan, trus lampu utama nya kadang mau mati sndiri gan, itu kira” apa nya gan bermasalah, kira ” biaya brapa tu gan tuk perbaiki nya,

  50. saya udah bawak ke bengkel resmi gak ada penyelesaian gan,

  51. om nanya om ni ninja habis bongkar habis terus rakit lagi mesin hidup selang 3 menit mati sendiri apanya yang salah om

    • maaf gan br bales..dibongkar apanya ya gan…kalo mesin injeksi agak sensitif karena banyak sensornya, kalo memang dibongkar harap berhati2.

  52. mas mo tanya nìh . . . . Lw speedometer vixion 2012 d lepas akn ada mslah ga? Soal nya mau ganti headlamp nya nih kn speedometer nya hrus d lepas. Mohon pencerahan nya

  53. Om mau nanya ini Honda Beat saya th 2012 kAlo setiap di starter Bunyi cruwit gitu setelah di starter pas mesin nyala minta solusinya

  54. misi gan, motor ane yamaha xeon rc 125 baru 6 bulan tadi pagi dikontak lampu netral & indikator nya gak nyala, gak ada tanda kehidupan gan’ tolong dijawab gan trims…

  55. bos .. mio gt sy tiba² nga mau starter,lampu indikasi nda kedip²

    • ada artinya gan..kedip2nya..itu menandakan yg rusak di bagian mana.setau saya kalo sampe ngga jalan biasanya yg rusak di bagian fuel pumpnya atau ecunya

  56. mau tanya gan ane pke new vixion motor udh banyak pke asesoris yg berhubungan dengan kelistrikan kyk projie,hid,klakson,toa dll belakangan ini lampu indikator kuning menyala dengan kedipan 1 kedipan/detik waktu motor dalam keadaan nyala lampu hid utama mati tp angle eyes nya masih hidup,kiprok cepet panas(kiprok tiger).Itu kira2 apa penyebab nya dan solusinya gan makasih

  57. Gan,mw nanya ya..
    Motor ane vision 2007.
    Dulu lampu ECU nya sering kedip2 panjang pendek n lampu utama redup aja jd saya ganti akinya dg 6A tp kok lampunya masih redup n motor kayak kehabisan bensin jalanx gan??

  58. Maaf Bang ane mo tanya neh.. Vixi ane ada kejadian gk biasa. Ketika kunci d ptar ke posisi on lampu indikator nyala normal seperti biasa tp saat d starter kok lampu indikatornya nyala lg ya, kira2 4 detik abis to mati lagi.. Kira2 mslahnya apa ya?.. Thanks

  59. mau tanya sob,, kenapa motor vixion aku pas tancap gas kayak mau mati + nggak mau gas panjang., tolong infony sob?

    • digas mendadak itu maksudnya ya gan..coba cek fuel pumpnya, atau aliran bensin ke ruang bahan bakar kayaknya itu tanda2 kekurangan bensin

  60. Gan mau nanya nih.. motor ane new vixion. 3 hari ane tinggalin ga ada yg manasin, pas diidupin tadi ga mau lagi. Trs Indikator ECU nya kedap kedip tuh, berarti ada masalah di sistem kelistrikannya ya? Ada ga cara praktis utk memperbaikinya tanpa harus bawa ke bengkel resmi? Tks

  61. Gan mau tanya, kalau motor v-xion kan kalau di isi 1 atau 2 liter bensin jarum pengukur bensin nya gak naik tuh, truz kalau mau habis bensinya tandanya pa gan? Masak haruz buka tangki truz untuk tau bensinya mau habis.

  62. GAN MAU TANYA MOTOR ANE MIO SOUL GT, PAS KUNCI MOTOR ANE NYALAIN, KAN KALO MAU STATER REM DI TEKEN DULU TUH,EH PAS REM ANE TEKEN KOK MALAH MATI YA LAMPU YG DI SPEEDOMETERNYA? DI STARTER JUGA GABISA,MOHON SOLUSINYA?

  63. Gan mau tanya nie, motorku beat F1 br beli sktr 6bulan yg lalu, nie tiba2 kl kunci di on kan lampu ECU ga nyala n ga bisa di starter jg.itu knp ya?trus Apa efek kalo kunci di on kan trus tanpa distarter, apa buat mtr jadi rusak?makasih

  64. maaf gan numpang nanya, motor sy soul gt fi, kemaren kabel spedometox putus trus muncul tuh lampu pringatan 4x dan 2 x berkedip cpt. trus pertanyaanx apakah setelah mengganti kabel odometer akan normal kembali? rncana mau ganti sendiri gan gk mau ke begkel resmi hawatir mahar tarifx. trims sbelumnya

  65. Misi gan mau tanya motor sya cbr 150 fi saat kontak di on lampu indikator nyala tp pas d starter kdng lmpu indikatornya nyala sprti wktu prtma kontak d on stlah msin nyala indikatornya mati itu kira” akinya atau apanya z gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>