Persamaan dan perbedaan sasis ladder dan sasis monocoque

sasis tangga, ladder frame,sasis, keunggulan sasis , kelemahan sasis, ladder, monokok,

sasis ladder

Sasis merupakan ‘rangka’pada mobil atau merupakan komponen utama dalam membentuk sebuah mobil. Sasis ini yang biasanya dibuat pertama kali pada mobil, setelah itu komponen-komponen lain baru menempel pada sasis. Jadi dapat diibaratkan sasis ini merupakan tengkorak atau rangka pada tubuh manusia, dimana sasis menjadi tumpuan berbagai komponen dalam mobil dan menjadi ‘dasar’ bagi sebuah mobil.

Pada umumnya sasis dapat dibagi dua jenis yaitu ladder dan monocoque, yang kedua-keduanya dapat mencerminkan karakter sebuah mobil.

Sasis pertama adalah sasis tipe ladder atau tangga, biasanya dipakai pada tipe mobil MPV, Contohnya kijang innova. Pada sasis model ini modelnya terpisah dengan bodi, dan bentuknya bertingkat mirip dengan anak tangga. Rangka ini biasanya menggunakan baut yang dibaut dengan bodi mobil, sehingga antara sasis dan bodi mobil dapat dilepas. Kharakter sasis ini adalah dapat mengreduksi getaran dari jalan. Karena adanya bantalan frame dan bodi. Dari sisi desain juga lebih simpel dan bodi mobil dapat diubah-ubah tetapi sasisnya tetap sama. Keunggulan lainnya adalah untuk memperbaiki sasis yang sudah bengkok akan relatif lebih murah, karena bodi dan sasis dapat dipisah. Sehingga dapat diservis antara keduanya.

sasis monokok, monocoque, sasis, perbedaan dan persamaan

sasis monocoque

Sasis yang kedua adalah sasis monocoque, yaitu sasis yang didesain menyatu dengan bodi mobil. Dimana sasis tersebut disatukan langsung dengan bodi kendaraan. Dan tidak dapat dipisah karen telah menjadi kesatuan(unibodi). Pemakaian sasis ini biasanya dipakai di mobil yang diperuntukkan dengan kebutuhan yang ringan, seperti untuk mobil sedan  dan MPV kecil. Mobil yang memakai sasis ini salah satu contohnya adalah toyota avanza dll. Dan untuk karakter sasis ini kendaraan dapat menjadi lebih ringan sehingga power weight to ratio akan lebih besar, dan akhirnya akan tercipta efisiensi bahan bakar yang semakin irit. Dan karakter lainnya adalah mobil menjadi lebih rigid, sehingga untuk stabilitas dan handling akan relatif lebih baik. Kelemahannya adalah sasis ini bila mengalami kecelakaan maka tidak dapat diperbaiki lagi, apalagi kecelakaannya fatal dan seluruh bodi remuk. Dan ada juga mobil yang memakai sasis gabungan antara ladder dan monocoque, seperti suzuki grand vitara dan grand escudo.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>